Hiasi Rumah Anda dengan Ukiran Mebel Jepara Eksotis

Beberapa mebel jati rutin luar biasa untuk dipakai dalam mempercantik desain rumah. Warna hingga serat yang mempercantik desain kayu jati membikin beberapa ruangan tampak lebih eksotis, tidak hanya itu telah sejak lama kayu jati dipakai sebagai funiture sebab dinilai lebih kuat dan lebih tahan kepada rayap. Indonesia adalah suatu  bangsa yang kaya bakal adat dan ada istiadat dari masyarakatnya, faktor ini sedikit tak sedikit juga telah mempengaruhi beberapa macam motif pada beberapa furniture yang diproduksi oleh masing-masing daerah. Motif yang dipakai untuk pempercantik desain mebel jati untuk setiap daerah bakal tak sama dengan daerah lainnya salah satunya adalah motif pada furniture jepara.

Kekuatan motif yang menghiasi furniture khas jepara telah membuatnya begitu populer, bukan hanya di dalam negeri tetapi juga hingga ke pasar mancanegara. Faktor ini tak lepas dari ciri khas ukiran Jepara ditambah dengan nilai yang rutin dijaga dengan baik dan detail rumit yang tak sedikit dipakai pada beberapa perabot rumah tersebut, hingga tak mengherankan apabila mebel jepara di buru oleh tak sedikit orang dari beberapa kalangan. Mengingat tingginya minat publik, sektor ini pun telah menjadi salah satu sumber penghasilan yang sangat menjanjikan terutama bagi masyarakat jepara jadi keterlampilan ini telah diwariskan dengan cara turun temurun tidak hanya juga sebagai upaya untuk menjaga dan melestaraikan kekayaan bangsa.

Mebel jati jepara diketahui memiliki perbedaan dibandingkan dengan mebel yang terbuat dari kayu lain semacam mahoni, faktor ini dikarenakan oleh kontruksi yang tak sama dari masing-masing kayu. Apabila seni pahat yang menghiasi ukiran pada kayu mahoni bakal terkesan lebih halus, jadi ukiran khas jepara yang bakal menghiasi mebel yang terbuat dari kayu jati bakal terkesan lebih kokoh, lebih kuat dan lebih awet.

Berbagai model dan tipe mebel jepara furniture yang ditawarkan dengan nilai yang tinggi sangat tepat dipakai untuk menghiasi interior maupun ekterior rumah. Beberapa produk perabot rumah yang dihiasi dengan motif khas Jepara, Jawa Tengan ini bisa di temukan pada lemari, meja dalam ruangan maupun meja taman, tempat tidur dan tetap tak sedikit lagi.

Ada beberapa trik dalam memilih kayu yang bakal dipakai untuk pembuatan mebel terutama untuk pembuatan furniture jepara diantaranya adalah:
  • Tak tersedia celah pada permukaan kayu, sebab bakal susah untuk diperbaiki mesikipun bisa ditambal, tampilannya bakal terkesan sedikit tak sama dan kemungkinan bisa mengurangi nilai ekstetika dari furniture tersebut nantinya.
  • Pilihlah kayu yang telah tua dan juga kering, sebab penggunaan tipe kayu ini bisa memberikan serat yang padat, memberikan warna yang lebih luar biasa dan merata keseluruh permukaan kayu dan membikin berat kayu lebih yang berbobot.
  • Hindari memakai kayu yang telah diserang Trocoh. Serangan hama ini memunculkan beberapa celah kecil pada kayu jadi membikin perabot menjadi lebih mudah rapuh dan tak tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. BLOGNYA SI IMIN | SEO MARKETING.

Creative Commons License